Analisis Jabatan Dan Analisis Beban Kerja

Analisis Jabatan Dan Analisis Beban Kerja


PENGANTAR

Pelatihan Analisis Jabatan Dan Analisis Beban Kerja – Analisis jabatan digunakan untuk proses pendayagunaan pegawai. Perusahaan yang berhasil menerapkan uraian jabatan dan jenjang jabatan di dalam organisasinya akan memperoleh keuntungan dalam proses pendayagunaan dan pemberdayaan pegawai. Analisis jabatan nantinya diaplikasikan untuk menyusun uraian jabatan yang diperlukan bagi penempatan dan pembinaan pegawai.

Setelah selesai dilakukan analisis jabatan, maka perlu dilakukan evaluasi jabatan untuk menemukan bobot relatif jabatan yang diperlukan dalam penyusunan jenjang jabatan yang bermanfaat dalam penetapan sistem imbalan. Selain analisis beban kerja diperlukan juga analisis beban kerja, yaitu metode yg biasa digunakan utk menentukan jumlah dan kuantitas tenaga kerja yang diperlukan. Beban kerja yg didistribusikan secara tidak merata dapat mengakibatkan ketidaknyamanan suasana kerja karena karyawan merasa beban kerja yg dilakukannya terlalu berlebihan atau bahkan kekurangan.

Adanya uraian jabatan yang dihasilkan dari proses analisis jabatan akan memudahkan pimpinan dalam menempatkan, melakukan mutasi, rotasi pada posisi sesuai dengan kualifikasinya yang dibutuhkan untuk keperluan memberikan dan mendelegasikan tugas. Di samping itu uraian jabatan juga diperlukan untuk mengembangkan kompetensi dan karir pegawai sehingga proses pembinaan dapat dilakukan secara efektif.

Sedangkan hasil evaluasi jabatan yang berupa jenjang jabatan diperlukan perusahaan untuk keperluan evaluasi kinerja dan membuat sistem imbalan yang fair. Adanya sistem tersebut akan mendorong terciptanya peningkatan motivasi di kalangan pegawai sehingga tercapai peningkatan produktifitas perusahaan dapat dicapai secara maksimal. Dengan kata lain hasil dari kedua proses tersebut adalah terciptanya peningkatan kinerja yang optimal sehingga menunjang proses pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

Pelatihan Analisis Jabatan Dan Analisis Beban Kerja ini adalah bagaimana cara melakukan analisis beban kerja dan analisis jabatan termasuk cara-cara, teknik metode dalam melakukan penghitungan perhitungan, dan model aplikasi sebagai toolls untuk melakukan kemudahan analisa serta studi kasus tentang bagaimana analisis diterapkan pada situasi riil sehingga dapat diimplementasikan di tempat tugas.


TUJUAN :

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat :

  1. Peserta dapat melakukan analisis beban kerja dan analisis jabatan.
  2. Peserta dapat melakukan cara-cara, teknik metode dalam melakukan penghitungan-perhitungan, dan model aplikasi sebagai toolls untuk melakukan kemudahan analisa serta studi kasus tentang bagaimana analisis diterapkan pada situasi riil sehingga dapat diimplementasikan di tempat tugas.
  3. Peserta dapat melakukan proyeksi kebutuhan tenaga kerja untuk periode tertentu.
  4. Peserta mampu menganalisa kemampuan tenaga kerja yang sekarang dan memenuhi kebutuhan yang akan datang.
  5. Peserta memahami kemungkinan perusahaan untuk melakukan pengurangan karyawan atau penyesuaian lewat transfer intern, ekspansi, atau manpower planning.

 

METODE PELATIHAN :

  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Games
  4. Tugas Individual dan Kelompok

 

SIAPA YANG PERLU MENGIKUTI ?

Untuk dapat menerapkan hasil analisis jabatan, yaitu uraian jabatan dan evaluasi jabatan, maka yang perlu hadir dalam pelatihan ini adalah para pimpinan dan staf dalam bidang sumber daya manusia dan konsultan dan akademisi yang berperan dalam membantu memecahkan persoalan organisasi dan perusahaan.


MATERI PELATIHAN ANALISIS JABATAN DAN ANALISIS BEBAN KERJA :
  1. Perencanaan Sumber Daya Manusia
    • Isu strategis dalam Manajemen SDM : Job Description & Strategi Perusahaan
    • Fungsi Job Description & Job Grading dalam Manajemen SDM
  1. Analisis Pekerjaan dan Jabatan.
    • Teknik Pengumpulan Informasi Analisis Pekerjaan dan Jabatan.
    • Memahami Deskripsi Pekerjaan.
    • Memahami pengertian Spesifikasi Jabatan.
  1. Job Analysis & Job Evaluation sebagai dasar aktivitas menyusun Job Grade
    • Dasar pemikiran Analisa Jabatan & Evaluasi Jabatan : Berdasarkan Histori & Konsep Dasar
    • Menyusun Kuesioner dan Wawancara untuk Analisa Jabatan
    • Persiapan melakukan Evaluasi jabatan
    • Perbandingan Metode dalam Analisa Jabatan ; HAY, Wyatt, Mercer and metode PWC.
    • Analisa & Evaluasi Jabatan vs Beban Kerja
  1. Memahami Beban Kerja
    • Perhitungan Kebutuhan Tenaga Kerja.
    • Memahami Kerangka Pemikiran Beban Kerja.
    • Menghitung Jumlah Kebutuhan Pegawai.
    • Metode Sampling untuk Mengamati Waktu Waktu Kerja Pegawai.
    • Menghitung Waktu Produktif dan Tidak Produktif Pegawai.
    • Menyusun Waktu Penyelesaian Tugas.
    • Perbandingan jumlah Kebutuhan Karyawan terhadap kondisi aktual.
  1. Teknik memperoleh hasil analisis Jabatan dan Beban Kerja yang valid dan handal.
  2. Cara praktis dan efisien dalam melakukan analisis beban kerja dan analisis jabatan
  3. Membuat laporan hasil analisa beban kerja dan analisa jabatan.
  4. Studi Kasus.

 

TRAINER : H. Slamet Pririswanto, MBA

Beliau adalah praktisi berpengalaman di bidang Manajemen HRD dan General Affairs serta Manajemen Keuangan dan Akuntansi. Karirnya terbangun melalui beberapa perusahaan dari beragam latar belakang mulai dari pabrik lembaran baja, industri seperti farmasi, retail/department store, konstruksi pertambangan, skills manpower supply, distributor barang konsumsi, pabrik plastic & ATK, logistik dan pergudangan. Sambil membangun karir di sebuah perusahaan asing MNC dari Jerman (dengan mencapai posisi Finance & Accounting Manager), beliau menamatkan pendidikan Sarjana S-1 Manajemen dan meneruskan program pasca sarjana di Asian Institute of Management (AIM) di Manila, Filippina.

Di bidang Pengelolaan Gedung, beliau berpengalaman mengelola Gedung Perkantoran (baik dipergunakan sendiri maupun disewakan kepada Penyewa atau Tenant lain) hampir 10 tahun, yaitu pada waktu bekerja di Pembangunan Jaya Group dan Wicaksana Overseas International, yang memiliki dan mengelola Gedung 5 lantai di Kawasan Industri Ancol. Sedangkan pengalaman di bidang Pembelian dan Pengadaan barang, pada waktu menjabat sebagai Finance & Accounting Manager, juga membawahi Bagian Procurement (Pembelian dan Pengadaan barang/bahan baku lokal dan import), serta pada waktu menangani bagian General Affairs di beberapa perusahaan, juga bertanggung jawab untuk Pembelian dan Pengadaan barang.

Setelah lebih dari 30 tahun berkiprah sebagai Eksekutif di beberapa perusahaan tersebut, akhirnya sejak pertengahan tahun 2003 beliau memulai terjun sebagai Pengusaha (Enterprener) dengan mendirikan perusahaan distributor spare-parts mobil menjabat sebagai Direktur Administrasi Keuangan dan merintis Industri produk kulit atau Genuine leather products serta Jasa Konsultasi Manajemen, sebagai Direktur Utama-sampai dengan sekarang. Disamping itu, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini juga sebagai Konsultan Manajemen bidang Keuangan/Akunting; Manajemen secara Umum (Operasional); HRD & GA maupun Narasumber/Fasilitator/Trainer di beberapa Seminar/Workshop (baik Technical maupun Soft Skills)

BENEFITS

Online Class

In Class

1. Soft Copy Materi
2. e-Certificate
3. Link Zoom Online
4. Training Record
5. Qualified Instructor
1. Training Module
2. Certificate
3. Workshop Kit
4. Training Photo
5. Training Room with Full AC Facilities
and multimedia
6. Once lunch and twice coffee break
7. Qualified Instructor
8. Tidak termasuk penginapan
Pendaftaran Training Analisis Jabatan Dan Analisis Beban Kerja

Klik Tombol “DAFTAR TRAINING” dibawah ini :

DAFTAR TRAINING

Sekilas LAMBERT Consulting & Training

LAMBERT Consulting & Training, adalah Lembaga organisasi yang lahir dari gagasan para pendirinya sebagai upaya sumbangsih pemikiran dalam turut serta menunjang usaha Pembangunan Bidang Sumber Daya Manusia. Sebagaimana disadari oleh para praktisi manajemen profesional dan pakar bidang Sumber daya Manusia (SDM), LAMBERT Consulting & Training berkeyakinan bahwa Sumber Daya Manusia adalah faktor terpenting dalam proses usaha pencapaian sasaran keberhasilan disegala bidang. (Selengkapnya KLIK DISINI)

 

Bantuan Layanan, hubungi kami :
Phone : 022-54415030
Mobile : 0811-2299-772

14 – 15 Juni 2022
13 – 14 Juli 2022
10 – 11 Agustus 2022
13 – 14 September 2022
12 – 13 Oktober 2022
9 – 10 November 2022
13 – 14 Desember 2022

Zoom Meeting

Rp. 2.750.000,- / Peserta
Rp. 2.500.000,- (Group, minimal 3 peserta)

28 – 29 Juni 2022
27 – 28 Juli 2022
29 – 30 Agustus 2022
27 – 28 September 2022
26 – 27 Oktober 2022
23 – 24 November 2022
27 – 28 Desember 2022

Venue (Jakarta) :
Harris Hotel Tebet, Fave Hotel Gatot Subroto, Kuretakeso Hotel Kemang, Blue Sky Slipi, Dreamtel Hotel Menteng, Puri Denpasar Hotel Kuningan.

Venue (Bandung) :
Aston Tropicana, Golden Flower Hotel, Gino Ferucci, Aston Pasteur, Grand Tjokro, Banana Inn

Rp. 4.000.000,- / Peserta
Rp. 3.750.000,- (Group, minimal 3 Peserta)

CATEGORIES