Subscribes
RSS Feed
LEGAL / HUKUM SERIES
HRD SERIES
CORPORATE COMMUNICATION SERIES
SEKRETARIS SERIES
LEADERSHIP SERIES
SOFT SKILLS SERIES
SALES, MARKETING & CUSTOMER SERVICES
VISITORS

GCG And ERM FUNDAMENTALS FOR INSURANCE COMPANY

image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

OVERVIEW :


Perusahaan Asuransi saat ini menghadapi perubahan lingkungan eksternal dan internal yang pesat  seperti meningkatnya kompleksitas bisnis volatilitas pasar, perang premi, biaya operasional yang meningkat, pergeseran demografi, dinamika ekonomi regional yang pada akhirnya menciptakan banyak ketidakpastian yang dihadapi oleh industri asuransi baik ditingkat global maupun regional, serta di Indonesia pada khususnya.

Menghadapi tantangan tersebut, sistem ekonomi nasional di banyak negara mulai memperkenalkan berbagai rujukan dan peraturan yang dapat membangun daya saing dan tingkat ketahanan industri asuransi di negara mereka masing-masing terutama dalam penerapan praktik Good Corporate Governance (GCG) dan Manajemen Risiko Terpadu Enterprise Risk Management, yang disingkat (ERM).

Sejalan dengan dimulainya era Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia, beberapa peraturan telah dan akan dikeluarkan yang dapat membantu terciptanya suatu landasan baru praktik GCG dan Manajemen Risiko yang sejalan dengan berbagai rujukan praktik terbaik internasional. Dua rujukan utama sudah dikeluarkan yaitu POJK No.2/POJK.05/2014 tentang Tata Kelola Perusahaan yang Baik bagi Perusahaan Perasuransian dan juga POJK No.4/POJK.05/2014 tentang Penilaian Kemampuan dan Kepatutan bagi Pihak Utama pada Perusahaan Perasuransian, Dana Pensiun, Perusahaan Pembiayaan, dan Perusahaan Penjaminan. Berdasarkan POJK tersebut dan akan dikeluarkannya  POJK baru (Draft ) yaitu /POJK.05/2014 tentang Penerapan Manajemen Risiko bagi Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank.

Pelatihan Intensif GCG dan Manajemen Risiko untuk Perusahaan Asuransi, yang  mencakup selain isi dan semangat peraturan-peraturan tadi juga sudah mencakup berbagai elemen rujukan nasional dan internasional bidang perasuransian, diantaranya adalah sebagai berikut: Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia - KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governance) tahun 2006, IFRS–International Financial Reporting Standards, S & P – Standard & Poor’s, Solvency II, ORSA – Own Risk & Solvency Assessment.

Pelatihan ini dirancang sedemikian rupa untuk membantu perusahaan-perusahaan asuransi pada khususnya dan perusahaan keuangan non-bank pada umumnya agar dapat memenuhi berbagai peraturan dan rujukan di atas. Melalui pelatihan ini, peserta dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang dibutuhkan dalam membantu perusahaan mereka membangun kapasitas dan kapabilitas praktik GCG dan Manajemen Risiko yang efektif, mulai dari identifikasi, pengukuran, pemantauan dan pengendalian berbasis risiko dengan tujuan untuk mengantisipasi, merencanakan perubahan dan mengoptimalkan hasil yang menentukan masa depan perusahaan mereka.

Pelatihan selama tiga hari ini dibawakan oleh para praktisi dan ahli yang sarat akan pengalaman dan pengetahuan yang mendalam baik dalam GCG dan manajemen risiko secara umum maupun untuk industri keuangan secara khususnya.

OUTLINE TRAINING :


      DAY - 1 :
  1. Pemahaman dasar GCG dan Manajemen Risiko - Konteks Global
  2. Penerapan GCG dan Manajemen Risiko Konteks Indonesia 
  3. Peraturan dan Pengaturan tentang GCG dan Manajemen Risiko Industri Perasuransian di Indonesia 
  4. Studi Kasus A:
  5. Penerapan GCG di Perusahaan Asuransi

      DAY - II :
  1. Prinsip-prinsip (Principles) Manajemen Risiko 
  2. Kerangka Kerja (Framework) Manajemen Risiko
  3. Studi Kasus B:
  4. Penerapan Manajemen Risiko di Perusahaan Asuransi  
  5. Proses Manajemen Risiko

      DAY - III :
  1. Integrasi GCG dan Manajemen Risiko
  2. Practice Sharing:
    - Penerapan GCG dan Manajemen Risiko di Perusahaan
  3. Studi Kasus C:
    - Road Map Penerapan / Peningkatan GCG dan Manajemen Risiko di
       Perusahaan Asuransi  
  4. - Group Presentation 
    - Wrap-up & Closing

PESERTA PELATIHAN :

Peserta yang dianjurkan untuk ikut dalam pelatihan intensif :

  • Direktur yang membawahi manajemen risiko dan kepatuhan
  • Komisaris yang menjadi pimpinan komite audit/komite pemantau risiko/komite GCG
  • Anggota komite audit, anggota komite pemantau risiko, serta anggota komite GCG
  • Kepala Divisi Manajemen Risiko organisasi atau Chief Risk Officer dari organisasi perusahaan
  • Kepala Divisi Kepatuhan dari organisasi perusahaan
  • Kepala Divisi GCG dari organisasi perusahaan
  • Para Risk Management Professional dan praktisi di bidang corporate governance
  • Konsultan yang bergerak di bidang jasa pelatihan dan pelayanan GCG/Manajemen Risiko untuk berbagai organisasi perusahaan
  • Para praktisi dan profesional manajemen risiko terutama yang sudah menyandang sertifikasi profesi
  • Para akademisi yang terlibat dalam pembuatan silabus dan pembelajaran GCG dan manajemen risiko

METODE PELATIHAN :


FASILITATOR :

Dr. Antonius Alijoyo, ERMCP, CERG

Dr Antonius Alijoyo adalah prinsipal CRMS Indonesia yang juga seorang profesional independen dalam bidang tata kelola perusahaan, strategi dan manajemen risiko. Saat ini, beliau duduk sebagai Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit PT AIG Indonesia, Komisaris Independen dan Ketua Komite Pemantau Risiko PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, Anggota Komite Pengarah Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko BEI (Bursa Efek Indonesia), Anggota Komite Audit PT Indokordsa Tbk. Beliau juga menjabat sebagai Anggota Dewan di berbagai organisasi profesional nasional dan internasional antara lain KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governance), LKDI (Lembaga Komisaris dan Direksi Indonesia), IKAI (Ikatan Komite Audit Indonesia), dan ERMA (Enterprise Risk Management Academy).
Sebelumnya, beliau memiliki pengalaman kerja lebih dari 25 tahun di dalam fungsi pengawasan, direktur, manajerial eksekutif, dan konsultasi di berbagai perusahaan terkemuka, baik nasional maupun multinasional. Antara lain adalah sebagai Anggota Dewan Audit OJK (Otoritas Jasa Keuangan); Anggota Komite Audit PT Multi Bintang Indonesia Tbk dan PT Indocement Tbk.; Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit PT Bank Commonwealth Tbk.; Anggota Komite Pemantau Risiko PT Adhi Karya Tbk., PT Bank Saudara, dan PT Bank BTN Tbk.; Partner Senior AAJ Associates / RSM International, Direktur PT BAT Indonesia Tbk., Direktur PT Jaya Teknik Indonesia, dan Senior Manager PT Unilever Indonesia Tbk.

Hotbonar Sinaga, ChFC, CERG

Hotbonar Sinaga adalah adalah sorang ahli di Industri Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank. Beliau merupakan salah satu pemegang sertifikasi CERG (Certified in Enterprise Risk Governance) dari ERMA. Selain itu, beliau juga pernah mengecap pendidikan Non Degree-Shipping (Professional Shipping Management) Norwegian Shipping Academy, Insurance Broking (Certified Indonesian Ins. & Reinsurance Brokers) & APAI (Ahli Pialang Asuransi Indonesia) ABAI, Jakarta, dan Perencanaan Keuangan ChFC (Chartered Financial Consultant) The American College & Singapore College of Insurance.

Di samping sebagai Industrial Expert Advisory Board (IEAB) untuk industri Asuransi di CRMS Indonesia, sampai Desember 2014, beliau menjabat sebagai Anggota Komite Audit Otoritas Jasa Keuangan. Sebelumnya, beliau memiliki pengalaman profesional seperti Direktur Utama di PT Jamsostek dan PT Asuransi Berdikari, Komisaris Independen di berbagai perusahaan asuransi, diantaranya adalah PT. Asuransi Sinar Mas dan PT.Asuransi Mega Life. Komisaris Utama PT.Mitra Finansial Wicaksana. Komite Audit: PT.Pindo Deli, PT. Lontar Papirus Pulp & Paper. Selain itu, beliau juga aktif sebagai anggota dewan di berbagai organisasi profesional nasional dan internasional di antaranya Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Lembaga Komisaris dan Direktur Indonesia (LKDI), Forum for Corporate
Governance in Indonesia (FCGI)


Durasi Training : 3 Hari (Pkl. 09.00 - 17.00 wib)

 

Training Time :

28 - 30 Juli 2020
26 - 28 Agustus 2020
23 - 25 September 2020
26 - 28 Oktober 2020
25 - 27 November 2020
28 - 30 Desember 2020

  • Pelatihan ini dapat diselenggarakan diluar jadwal diatas, apabila peserta / instansi terkait berencana mengirimkan pesertanya dengan jumlah minimal kuota (3 orang).
  • Pelatihan ini dapat di CUSTUMIZED bila diselenggarakan dalam bentuk In House Training

 

INVESTMENT FEE : Rp. 5.500.000,- nett / person 
(Harga tidak termasuk PPN) 

FASILITAS : 

  1. Training Module
  2. Certificate
  3. Workshop Kit
  4. Training Photo
  5. Training Room with Full AC Facilities and multimedia
  6. Once lunch and twice coffee break
  7. Masker & Hand Sanitizer
  8. Qualified instructor 
  9. Tidak termasuk penginapan

Venue (Bandung) : 

Savoy Homann, Aston Tropicana, Golden Flower Hotel, Gino Ferucci, El Hotel Royale Bandung, Aston Pasteur, The 101 Bandung Dago, Aryaduta Bandung, Best Western Premiere La Grande Hotel, Grand Tjokro, Grand Preanger, Banana Inn, Crowne Plaza Bandung

Venue (Jakarta) :
Harris Hotel - Tebet, Hotel Menara Peninsula - Slipi, Ibis Arcadia Hotel - Thamrin, Fave Hotel - Gatot Subroto, Hotel Aryaduta - Semanggi, Fave Hotel - LTC Glodok, IBIS Hotel - Tamarin, Kuretakeso Hotel - Kemang, Blue Sky - Slipi, Best Western Premier - Cawang, Dreamtel Hotel - Menteng, Puri Denpasar Hotel - Kuningan

 

Catatan :
Venue atau Tempat pelaksanaan training akan disertakan pada saat pengiriman Proposal / Undangan Training.


  REGISTER NOW 
Bantuan Layanan, hubungi kami :
Phone : 022-4212715 / 022-54415030
Mobile : 0821-1888-8091

 


 

CONTACT US
image

Office :
LAMBERT CONSULTING & TRAINING 
(PT. LAMBERT PERFORMA INDONESIA)

Wisma Monex 9th Floor, 
Jl. Asia Afrika No. 133 - 137
Bandung, West Java

Telp. +62-22 4212715
+62-22 54415030

Hotline :  
0811-2299-772 (WA)
08211-8888-091
 

E-mail :
info@lambertconsulttraining.com
lambertconsulttraining@gmail.com

www.lambertconsulttraining.com

Daftar Via Whatsapp :
Tulis (Nama Anda & Perusahaan + Judul Topik Training + Email)


OPERATIONAL & PRODUCTION SERIES
FINANCE-ACCOUNTING
PROJECT MANAGEMENT
PERBANKAN SERIES
AUDIT SERIES
OIL & GAS SERIES
Chat Zopim
FOLLOW US

 
Copyright © 2020 LAMBERT CONSULTING & TRAINING · All Rights Reserved